Belajar Seni Kaligrafi


  
Kesenian adalah bagian dari budaya dan merupakan sarana yang digunakan untuk mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia. Selain mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia, kesenian juga mempunyai fungsi lain. Misalnya, mitos berfungsi menentukan norma untuk perilaku yang teratur serta meneruskan adat dan nilai-nilai kebudayaan. Secara umum, kesenian dapat mempererat ikatan solidaritas suatu masyarakat.


Gambar di atas adalah merupaan salah satu kesenian di antara ribuan kesenian. Namany adalah seni kaligrafi / Musabaqoh Khotmil Qur'an kemudian disingkat MTQ.

setelah lama saya belajar ikut extra kaligrafi mulai di MTs Islamiyah hingga ke MA Islamiyah Balen - Bojonegoro di Yayasan Ponpes Roudlotut Tholibin Balen ini di tahun 2007 sampai sekarang.

pernah saya mengikuti lomba MTQ se-Kabupaten Bojonegoro (Jatim) ternyata dapat juara II. padahal sebelumnya saya sangatlah canggung dan pesimis berat, bahkan sampai H-1 saya memutuskan untuk tidak berangkat. namun guru pembimbing saya ( Pak Ridho) malam itu sms memberikan banyak motivasi agar saya ikut dan tidak cemas dalam lomba tersebut.

kini kesenian ini saya salurkan pula kepada siswa-siswi / santri yang di pondok ini. ku abdikan karya ku agar dapat tersalurkan kepada penerus-penerus bangsa .sehingga kesenian itu tidak punah.

dan kini setiap kamar pondok telah terhiasi khot / lukisan karya santri sendiri.
semoga seni kaligrafi tidak pernah hilang ataupun punah karena kemajuan teknologi yang pesat, membuat kaligrafi kini juga dapat menggunakan komputer yang nota bene bisa di hapus tanpa menghilangkan jejak (tipet) dan simpel dalam pembelajaran. tapi semua itu menurut saya pribadi, sebuah karya itu tidak seperti hasil olah clonetan tangan kita sendiri.

pasti hasilnya ada yang beda saat di pandang ,, antara percetakan dengan lukisan tangan pasti lebih mengesankan lukisan tangan. dan bahkan lebih mahal lukisan tangan yang asli.
mulai tahun 2012 saya terus membuat clonetan kaligrafi ini di saat bulan Ramadhan (untuk bulan lain sibuk dengan pekerjaan), jadi bisa di pastikan setiap tahun saya punya kaligrafi hasil sendiri, dan terkadang ada yang memesan untuk di buatkan kaligrafi namanya (pemesan)
karena saya masih dalam tahap belajar maka hasil pemesannan itu saya berikan begitu saja. tanpa syarat dan bahkan sekalian tak belikan pigoranya.. 

rekan saya yang sampai sekarang masih aktif mengajarkan kaligrafi adalah kak Basith, dimana ia yang di juluki sebagai tangan penjiwa seni. sungguh luar biasa hasil karyanya. terkadang saya selalu belaja dari rekan saya tentang pembuatan berbagai jenis khot.

kak basith ternayata punya potensi yang sengat besar di dalam karyanya. semoga kak basith ada yang mau merekrut menjadi seorang seniman terkenal dan rizkinya lancar atas usahanya nanti. :)

ok, guy's,,,, mimin dan memen blogger's semoga artikel ini bermanfaat ....
Terimakasih atas kunjungannya.

Komentar