cara membuat shortcut shutdown,sleep,restart,dkk pada windows 7 & 8




omad
CARA MEMBUAT SHORTCUT SHUTDOWN, RESTART, LOG OFF PADA WINDOWS 7
Terkait Tutorial dan Tips Komputer kali ini Cara Membuat Shortcut Shutdown,Restart dan Log off pada Windows 7,8 akan sama sama kita bahas. Walaupun Cara ini sudah menjadi hal yang umum bagi orang orang, tidak ada salahnya jika saya membuat artikel ini mungkin saja sobat ada yang belum tahu mengenai Cara Membuat Shortcut Shutdown, Restart dan Log off pada Windows 7.
untuk itu langsung saja simak tutorial selengkapnya berikut ini :

Membuat Shorcut Shutdown.

1. Klik kanan pada Dekstop Pilih New » Shortcut.
 

2. Masukan salah satu perintah berikut ini (harus sama persis seperti tulisan di bawah) :
Shutdown : Shutdown.exe -s -t 00
Restart : Shutdown.exe -r -t 00
Log Off : shutdown.exe -l -t 00

  3. Gambar di atas adalah pembuatan shortcut Shutdown. Jadi yang kita masukkan juga harus perintah shutdown Setelah perintah dimasukkan, beri nama shortcut yang kita buat lalu klik Finish.
 
Mengubah Icon Shortcut

Jika telah selesai membuat shortcut shutdown misalnya, maka langkah selanjutnya adalah mengubah
 icon untuk shutdown agar tampilan pada desktop lebih menarik.

1. Klik kanan shortcut shutdown » pilih Properties
 

2. Pada tab Shortcut » klik tombol Change Icon
Biasanya saat kita meng-klik tombol ini akan muncul pesan peringatan jika windows tidak bisa menemukan icon yang dimaksud, klik saja OK.

3. Maka Muncul jendela baru untuk browse icon. Pilih icon yang tersedia atu jika mempunyai icon sendiri pilih Browse, klik OK » Apply. Selesai.
 

Semoga bermanfaat, Terima kasih.

Windows 8 memiliki tombol shutdown yang cukup tersembunyi dan susah dijangkau bagi pengguna awam, coba anda yang sudah menggunakan windows 8 jujur deh, berapa lama yang anda butuhkan untuk menemukan tombol shutdown saat pertama kali menggunakan windows 8? 1 menit? 2 menit? 3 menit..?? kalau saya jujur aja sih, membutuhkan waktu sekitar 3 menit untuk menemukan tombol shutdown pada windows 8. nah bagi Anda yang sudah tahu pun Anda akan membutuhkan beberapa klik untuk menemukan tombol shutdown. Untuk mempermudah dan mempercepat proses shutdown atau restart kenapa nggak kita buat shortcut shutdown nya saja..?? lah emang bisa..?? bisa dong…! so kalo kita udah punya tombol shortcut buat matiin komputer kita bisa mudah mematikan komputer, apalagi kalau sedang terburu-buru enak dan sip banget deh.



Membuat Shortcut Shutdown, Restart, Sleep, Hibernate, Lock Windows 8
Cara Membuat Shortcut Shutdown Windows 8
1. Masuk ke desktop Anda dengan mengklik shortcut tiles Desktop atau bisa juga dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + D
2. Klik kanan Desktop > New > Shortcut
3. Pada bagian type the location of the item ketikan perintah berikut :
shutdown.exe -s -t 00
4. Klik tombol Next , pada jendela berikutnya beri nama shortcut Anda (terserah mau di beri nama apa) tapi sebagai contoh kita biarkan saja namanya tetap shutdown (nama default)
5. Terakhir klikt tombol Finish, dan sekarang akan terdapat shortcut baru pada desktop Anda dengan nama shutdown.
6. Tampilan shortcut ini masih kurang enak dipandang, untuk itu kita akan mengubah tampilannya, klik kanan pada shortcut shutdown lalu pilih Properties
7. Pada jendela yang muncul klik tombol Change icon
8. Pada jendela berikutnya pilih icon yang akan Anda gunakan lalu klik OK
9. Jika Anda ingin menggunakan icon Anda sendiri klik tombol Browse dan cari file gambar yang ingin Anda jadikan icon, ingat file gambar yang akan Anda jadikan sebagai icon harus berformat .ico.
10. Klik OK lagi dan beres deh..
Untuk membuat shortcut restart ulangi langkah yang sama dengan langkah diatas, namun ketikan perintah berikut pada bagian Type the location of the item
shutdown.exe -r -t 00
untuk membuat shortcut sleep ketikan :
rundll32.exe powrprof.dll,SetSuspendState 0,1,0
untuk membuat shortcut lock ketikan :
rundll32.exe user32.dll,LockWorkStation
dan untuk membuat shortcut hibernate ketikan :
rundll32.exe powrProf.dll,SetSuspendState
b

Komentar