Pages

Sabtu, 04 Mei 2013

MACAM – MACAM HARDWARE DAN SOFTWARE BESERTA FUNGSINYA


MACAM – MACAM HARDWARE DAN SOFTWARE BESERTA FUNGSINYA

1.Hardware input
 








Hardware input adalah sebuah hardware yangberfungsi sebagai pemasukan data seperti mouse,keyboard dan scanner.
a.Mouse 
adalah hardware yang berfungsi untuk menggerakan pointer dilayar monitor.


b. Keyboard
 
adalah hardware yang berupa huruf,angka dan yang lainnya dan berfunsi untuk mengetik dan bahkan megatur setting bios melalui keyboard dan bisa juga digunakan untuk meng-install OS.
c. Scanner,
Hardware yang berfungsi untuk memasukan data analog menjadi data digital dengan cara memindai suatu gambar dari scanner kedalam sebuah komputer.

2. hardware processing
hardware processing adalah sebuah hardware yang dapat memproses data apapun bentuknya seperti mainboard,processor,RAM,HDD,VGA card,power supply dan DVD-RAM.

a. Mainboard merupakan papan induk penghubung semua alat ppenghubung semua hardware processing dari processor sampai DVD-RAM.
b. Processor adalah hardware yang mampu memproses data dalam bentuk apapun.processor dapat dihitung kemampaunnya dengan cara mengukur kecepatan porcessor itu bekerja dalam satuan Hertz(Hz).








c. RAM merupakan suatu hardware yang berfungsi sebagai sarana penyimpanan smentara yang prinsipnya jika komputer hidup data yang sedang diproses akan terus diproses jika komputer dimatikan data ynag diproses akan hilang karena bersifat remanen/sementara.

d. HDD adalah hardware penyimpana dalam ukuran yang sangat besar dan untuk menyinpan data apa saja.saat ini ukuran terbesar dari HDD adalah 1.5 TB/1500 GB.

e .VGA card adalah hardware yang berfungsi untuk memproses data grafus misalakan dalam bermain sebuah game VGA card tersebut memproses grafis yang ada dalam sebuah game tersebut,dalam hardware in terjadi suatu kemajuan yang sangat pesat seiring adanya game-game berkualitas grafis tinggi.

f. Power supply Ada
lah Berupa kotak tegangan listirik yang menempel pada bagian belakang setiap CPU Komputer dan memiliki kabel power yang akan disambungkan ke komponen hardware yang ada di dalam CPU. Power supply ini juga memasok listrik energi untuk satu atau lebih beban energi.
 








Fungsi
- Mengubah tegangan AC menjadi DC
- Menyuplai tegangan listrik DC ke komponen yang membutuhkan arus dan tegangan pada motherboard.
- Mengendalikan arus listrik/tegangan agar tetap terjaga.
Troubleshooting
Pemberitahuan masalah yang terjadi sering dianggap sebagai masalah yang disebabkan oleh komponen hardware berupa memori, VGA card, atau motherboard tanpa menyangka kesalahan terjadi pada powersupply yang kita gunakan. Berikut ini contoh masalah yang terjadi:
+ Komputer me-restart sendiri saat system sedang bekerja.
+ Komputer mati setelah beberapa saat dioperasikan.
+ Intermittent parity check atau other memory-type errors.
+ Harddisk dan kipas angin sec. serentak tidak berputar.
+ Goncangan elektrik dirasakan pada casing atau konektor
+ Power-on atau system startup failure atau lockups
+ Terkadang booting sendiri sec. spontan lockups selama operasi normal.
+ Sistem sepenuhnya mati.

g.DVD-RAM adalah hardware yang berfungsi untuk menulis dan membaca kepingan CD maupun DVD kemapuannya dapat diukur dengan cara melihat kecepatan baca dan tulis dari DVD-RAM tersebut misalkan 40X kecepatan baca dan tulis diDVD dan 52X kecepatan baca dan tulis diCD.


3.hardware output
adalah hardware yang menampilkan hasil data berbentuk gambar,suara dan selembar kertas.contoh dari hardware output adalah monitor,speaker dan printer.

a.monitor adalah hardware yang berfungi untuk menampilkan suatu gambar hasil proses.tipe monitor sekarang ada 2 yaitu CRT dan LCD.CRT(cathode ray tube)adalah monitor yang berprinsip menggunakan laser-laser warna dalam sebuah tabung(makannya monitor CRT itu cendrung panjang kebebelakang.LCD(liquid crystal display)adalh monitor yang berprisip menguunakan cairan kristal untuk membentuk suatu gambar.





b.Speaker adalah hardware yang berfungsi untuk menampilkan data berbentuk suara.

c.Printer adalah hardware yang berfunsi untuk memindahkan data dari komputer ke kertas.
D. Compact Disk (CD)

CD merupakan Media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik.Proses penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik.
E.  Floppy Disk

Floppy disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.
F.      Video Adaptor atau GPU

Merupakan komponen hardware komputer yang menghubungkan peralatan pemrosesan grafis dengan peralatan output berupa monitor. Pada komputer lama, pemrosesan grafis dilakukan oleh prosesor utama. Namun, seiring perkembangan teknologi komputer saat ini, telah didesain
Komponen hardware video adaptor dengan memiliki prosesor sendiri yang disebut GPU (graphic processor unit) atau chipset dan memori internal sehiingga beban kinerja prosesor utama menjadi lebih berkurang.
§  Fungsi
1.      Port penghubung peralatan proses data dengan peralatan output berupa layar/monitor
2.      Memaksimalkan fungsi layar sehingga dapat menampilkan grafis dalam resolusi dan kualitas warna yang terbaik.
3.      Dapat mempercepat semua kinerja software operation system (Windows)
Dan software aplikasi 2D dan 3D
1.      Menunjang penggunaan computer untuk games yang saat ini sudah banyak berbasis pada software games 3D
2.      Menampilkan kualitas gambar terbaik untuk pemutaran film jenis CD dan DVD
§  Troubleshooting

G.    Sound Card

Merupakan komponen hardware komputer yang berbentuk chipset pada motherboard atau PCB card (printed circuit board) yang dipasang pada slot PCI di motherboard, dengan memiliki empat komponen utama untuk menerjemahkan analog dan digital.
§  Fungsi
1.      Mengolah data berupa audio atau suara.
2.      Sebagai penghubung output audio ke speaker
3.      Sebagai penghubung input suara ke computer melalui mikrofon.
§  Troubleshooting
Tidak dapat mengeluarkan suara melalui speaker akif atau suara yang keluar tidak jelas, yang disebabkan oleh :
1.      Driver sound card belum diinstall
2.      Pemasangan sound card pada slot PCI di motherboard yang belum tepat dan pas tertanam pada slotnya.
3.      Pemasangan jek kabel pada chanel out di sound card yang ada di casing dan speaker
4.      Terdapat kabel penghubung yang putus antara sound card yang ada di casing dan speaker
5.      Sound card rusak atau speaker akeif yang rusak.

H.    Heatsink Fan (HSF) atau Cooling Device

Merupakan peralatan pendingin yang berbentuk kotak atau bulat, yang terbuat dari bahan alumunium dan di atasnya terdapat kipas yang akan berputar saat computer menyala. HSF menjadi kebbutuhan pokok dalam computer karena hampir semua komponen hardware computer di dalam casing menggunakan HSF masing-masing, mulai dari prosesor, VGA card, dn Harddisk yang berlomba-lomba memberikan fasilitas komponen HSF yang berkualitas tinggi dalam bersaing di pasaran.
§  Fungsi
1.      Pendingin pada hardware yang di atasnya diletakkan HSF.
2.      Prosesor tidak akan berfungsi jika tidak ada heatsink fan di atasnya.
3.      Penyerap panas yang dihasilkan oleh prosesor saat bekerja dan dilengkapi dengan kipas pendingin di atasnya agar suhu pada prosesor tetap stabil.
4.      Penjaga sirkulasi udara di dalam casing.
§  Troubleshooting
Biasanya hanay terjadi pada kipas yang tidak berputar atau mati. Hal tersebut menjadi masalah fatal yang membuat hardware tidak berfungsi secara normal, terutama jika terjadi pada kipas yang menempel di prosesor. Prosesor tidak akan hidup dan bekerja secara normal sehingga komputer mati total.


I.       Casing

Adalah otak pembungkus atau tempat meletakkan komponen hardware pemrosesan yang berfungsi melindungi komponen hardware dari gangguan luar. Pada umumnya casing sering disebut dengan CPU.
§  Fungsi
1.      Tempat meletakkan komponen hardware, misalnya power supply, motherboard, floppy disk, CD-Rom, DVD-Rom.
2.      Penentu kinerja sistemkarena berkaitan dengan suhu yang dihasilkan oleh komponen hardware.
3.      Pendukung tampilan computer. Jika casing memiliki desain yang menarik, seseorang akan lebih senang dan bersemangat untuk bekerja dengan computer.
§  Trouble shooting biasanya terjadi pada power supply yang menempel di abgian belakang casing.







PENGERTIAN SOFTWARE
 












            Pengertian software secara harfiah adalah piranti lunak; perangkat lunak; program komputer. Istilah baku software dalam bahasa Indonesia adalah perangkat lunak. Software adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komuter dalam menjalankan pekerjaanya. Software (perangkat lunak) ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.

Selain itu, software juga merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri. Data yang disimpan ini dapat berupa program atau intruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah  suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. pengolahan pada software ini melibatkan beberapa hal, di antaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.
Dalam arti yang paling luas, software komputer bisa diartikan sebagai sesuatu prosedur pengoperasian. Suatu acara yang ditayangkan oleh televisi, dapat dianggap sebagai software dari suatu peralatan televisi. Demikian pula halnya dengan musik yang telah direkam di atas kaset atau compact disc (CD), data di atas kertas , serta cerita ataupun uraian yang ada di dalam sebuah buku.
Software adalah komponen dalam data processing system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem. Istilah software ini pada umumnya untuk menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efisien antara manusia dan mesin komputer. Software dapat pula di artikan sebagai segala macam jenis program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan peralatannya.

Fungsi Software:
·         Mengidentifikasi program,
·         Menyiapkan aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan terkontrol,
·         mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.

MACAM-MACAM PERANGKAT LUNAK KOMPUTER :

1. Sistem Operasi Komputer
Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengatur fungsi dasar dari sebuah komputer. Sistem operasi bertugas melakukan kontrol pada semua aplikasi program pada komputer termasuk pengaturan perangkat keras dan sistem input-output. Contoh sistem operasi : Microsoft DOS, Microsoft Windows, Ubuntu (linux), Macintosh, dll
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
·         Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
·         Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
·         Shell atau Command Interpreter , yang bertugas membaca input dari pengguna
·         Library, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
·         Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.

Microsoft DOS dan Microsoft Windows
Sistem operasi mulai memasuki dunia komputer rumah tangga setelah Adanya
Microsoft DOSdari perusahaan software Microsoft. Sistem operasi ini belum menunjang penggunana komputer secara banyak tugas (multitasking) dan Sistem operasi baru memasuki dunia multi tasking setelah Microsoft merilis Sistem operasi baru dengan nama Microsoft Windows.
Microsoft Windows 7
Microsoft Windows terus berkembang pesat sehingga merajai pasar perangkat lunak dunia. Diawali dengan larisnya Windows 95, Microsoft terus memperkokoh dominasinya dengan berturut-turut meluncurkan Windows 98, Windows 2000, Windows ME, Windows XP, Windows Vista dan Windows 7.
Macintosh dari Apple
Selain Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang lain adalah Apple dengan produknya yang dilabeli dengan nama Macintosh Operating System (MacOS). MacOS pertama diluncurkan pada tahun 1984 untuk menjalankan komputer apple yang diberi nama Macintosh.

Sistem operasi ini tidak kompatibel dengan komputer buatan IBM.
Apple Macintosh
MacOS adalah sistem operasi komputer pertama yang menggunakan antarmuka pengguna berbasis grafis (bukan teks) atau yang sering disebut dengan GUI (Graphical User Interface). Generasi MacOS diawali dengan  penyebutan dengan menggunakan kata Sistem, seperti Sistem 6, Sistem 7 hingga kini menggunakan MacOS 9 dan yang terbaru adalahMacOS X (X=ten=sepuluh)
Linux dan Opensource
Dua sistem operasi yang disebutkan diatas adalah sistem operasi yang berbayar, artinya kita harus membelinya untuk dapat menempatkan sistem operasi tersebut kedalam komputer pribadi kita. Pada beberap kasus memang ditemukan penggunaan sistem operasi windows dengan model mengkopi dari komputer yang satu ke komputer yang lain tanpa harus membeli namun ini adalah termasuk tindakan pembajakan.
Pada tahun 1991 muncul wacana membuat sistem operasi dari kode Unix. Gagasan ini diawali oleh mahasiswa inggris yang bernama Linus Thorvalds. Sistem operasi yang dihasilkan oleh proyek ini kemudian disebut dengan Linux. Karena sifatnya yang gratis dan kode program yang terbuka (open source) maka Linux menjadi terus berkembang dan menjalar ke seluruh dunia.
Distro Linux
Beberapa contoh Sistem operasi Linux yang terkenal adalah Ubuntu, Mandrake, OpenSUSE, RedHat, Slackware dan Debian. Masing-masing nama tersebut dikenal dengan istilah distro(dari kata distribusi/penyaluran). Saat ini banyak distro linux baru yang muncul disetiap belahan dunia.
2. Program Aplikasi
Program aplikasi bersifat lebih khusus jika dibandingkan dengan sistem operasi. Perangkat lunak ini secara khusus menangani kebutuhan pekerjaan dari pengguna seperti mengetik, membuat tabel, memainkan musik, memutar video, dan browsing internet atau interkoneksi dengan sesama komputer lokal.
Masing-masing program aplikasi komputer dibuat dan dikembangkan secara khusus pada bidangnya masing-masing. Aplikasi perkantoran yang terkenal adalah produk Microsoft, yaitu Microsoft OFFICE.
Microsoft OFFICE terdiri dari Microsoft Word untuk mengetik dan pengolah kata, Microsoft Excel untuk aplikasi tabel dan spreadsheet, dan Microsoft Powerpoint untuk keperluan presentasi.
Selain Microsoft Office kini muncul Open Office dan Lotus Symphony sebagai alternatif pengganti aplikasi perkantoran yang berbayar tersebut.
Contoh Aplikasi komputer yang lain :
·         Aplikasi grafis, seperti: CorelDraw, Photoshop, ACDsee
·         Aplikasi Multimedia, seperti : Windows Media Player, Winamp, PowerDVD, Klite
·         Aplikasi Browser, seperti : Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer
·         Aplikasi Programming, seperti: Visual Studio, Delphi, C++ Builder
·         Aplikasi Web Designer, seperti: Dreamweaver, Frontpage

3. Driver perangkat keras
Driver adalah Perangkat lunak yang mengatur dan mengendalikan kinerja dari senuah perangkat keras. Biasanya driver diperoleh dari vendor sebuah perangkat keras. Contoh perangkat yang sering membutuhkan instalasi driver yaitu SoundCard, VGA Card, dan LAN Card.
Tanpa driver kadang suatu perangkat keras masih  dapat berfungsi namun tidak dapat mencapai performa yang optimal, karena yang digunakan adalah driver universal. Jadi fungsi fungsi khusus yang merupakan kelebihan sebuah perangkat keras tidak dapat berfungsi dengan baik.

1. Easy.GIF.AnimatorPro
Software untuk membuat gambar-gambar bergerak/animasi berformat gif




2. COREL DRAW
 








Corel Draw adalah sebuah program komputer yang berfungsi untuk melakukan editing / membuat suatu design grafis. Corel Draw adalah milik perusahaan Corel yang situsnya di (www.corel.com) 
Corel Draw telah melakukan pemutakhiran, dengan versi Corel Draw X5 yang paling terbaru saat ini, software Corel Draw semakin disempurnakan sebagai program yang dirancang untuk membuat suatu, Desain logo, ilustrasi dan masih banyak lagi fungsinya
3. WinRar_Password_Remover
 









Software untuk membuka file rar yang dipassword.
4. Norton.Removal.Tool.2009.0.5.40





Software antivirus dari Norton
5. Ashampoo_internet_accelerator







Software untuk mempercepat akses internet
6. WINDOWS MEDIA PLAYER
 






Software untuk memutar music berupa mp3, Mpegav,
7. Html Kit 292 Setup
 







Software untuk membuat dan mengedit halama web/file html

8. Freeware_PrimoPDF





Software untuk membuat file pdf
9. ZwCAD Professional
 







Sejenis autocad untuk membuat design bangunan
10. AutoPatches_Antivirus Kaspersky
 






Software untuk melakukan pacth terhadap Antivirus Kaspersky
11. PORTABLE ADOBE PHOTOSHOP

 






Software  editing gambar yang dapat dijalankan melalui flashdisk tanpa harus diinstall
12.Rekso Translator






Software kamus gantinnya Transtool
13. WampServer
 






Software Windows, Apache, MySQL, dan PHP untuk web design dengan PHP
14. USB.AntiVirus
 







Software Antivirus untuk flashdisk
15. PDF_Password_Remover
 








untuk menghilangkan password file pdf yang dikunci
16. DivX
 





video player yang menghasilkan gambar yang lebih bagus dibanding pemutar dvd biasanya
17. Cool_Burning_Studio

 








Tool burning yang sangat ringan dan irit memori computer
18. Sudoku! Deluxe

 







Game sudoku/permainan angka

19. Macromedia Flash Player 8.0.22
Pemutar file flash




20. RegistryEasy.v5
 









Mengendalikan registry pada komputer Anda.

0 komentar:

Poskan Komentar